• Bahasa

100 ASN Di Lingkungan Pemkab Garut Ikuti Sosialisasi Perizinan Melalui OSS-RBA Dan PBG-SIMBG

23 Nov 2022 Hanapi 119

GARUT, Tarogong Kaler - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Garut menggelar acara Sosialisasi Perizinan melalui Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA) dan Persetujuan Bangunan Gedung-Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (PBG-SIMBG) dan Pengawasan Penanaman Modal, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu (23/11/2022).

Kepala DPMPTSP Garut, Wahyudijaya, mengatakan jika saat ini mekanisme perizinan sudah melalui digitalisasi. Sehingga, sosialisasi ini digelar dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang siklus perizinan melalui metode sistem OSS-RBA maupun PBG-SIMBG.

"Karena asumsi yang nampak di permukaan terkesan bahwa izin ini masih izin baku manualkan begitu. Nah sekarang kan siapapun, dimanapun, kapanpun (asalkan) orang punya android, punya aplikasi itu bisa download untuk mendapatkan sertifikat izin," ujar Wahyu.



Ia mengungkapkan kegiatan sosialisasi kali ini diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari instansi teknis terkait hingga dari perwakilan kecamatan.

"Saya kira kalau berbicara _output_ ya kami menginginkan bahwa izin ini bukan hanya otoritas kami, tapi secara teknis mereka (peserta) juga bisa memposisikan sebagai fasilitatornya untuk di kewilayahan-kewilayahan," ucapnya.



Berkaitan dengan perizinan menggunakan OSS-RBA dan PBG-SIMBG ini sendiri, imbuh wahyu, sebetulnya pihaknya sudah melakukan beberapa pelatihan secara periodik kepada perwakilan kewilayahan yang dilakukan secara desentralisir. Namun, ke depan di tahun 2023 pihaknya akan mencoba memberikan pelatihan dengan datang langsung ke kewilayahan.

"Sebenarnya kita secara sistematis sudah melakukan pelatihan-pelatihan juga, ini dilaksanakan secara periodik ya mungkin nanti tahun anggaran ke depan juga kita akan memulai lagi, dan nanti barangkali kedepan ini dengan menggunakan metode kewilayahan, kalau sekarang disentralisir nah kalau ke depan 2023 ini kami yang datang nanti ke kewilayahan," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT